Senin, 29 November 2010

rpp bola tangan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 20 Menit
Standar Kompetensi : 1. Peserta didik mampu memahami konsep gerak passing
2. Peserta didik mampu memperagakan gerak passing
Kompetensi dasar : Passing permainan bola tangan
Materi Pokok : Passing dengan berpasangan
Jumlah siswa : ± 30 Siswa
Metode pembelajaran : - Ceramah
- Komado
- Evaluasi


I. Langkah-langkah pembelajaran :
Gambar / Formasi Materi Pembelajaran Keterangan

G
x x x x x x x x x x
x x x x x x x x x x
x x x x x x x x x x













A. Pendahuluan

 Siswa di kondisikan, dibariskan dan disiapkan dengan formasi dua bershaf, berdoa, diberikan penjelasan mengenai passing. Setelah siswa mengerti kemudian disuruh melakukan pemanasan dengan berlari di pinggir lapangan bola tangan. Siswa melakukan pelenturan otot-otot dan yang lain supaya tidak terjadi cidera. Kemudian siswa dibagi menjadi dua tim. Tim berusaha merebut bola dari tim A. Menggunakan lapangan bola voli. Seorang pemain menerima bola kemudian maksimal 3 detik sudah harus di lempar kembali ketemannya. Tidak boleh menggunakan lemparan melewati atas kepala atau lemparan lob. Dan harus menggunakan tangan kiri saja.






± 2 Menit











± 5 Menit













G
x x x x x x x x x x
x x x x x x x x x x
x x x x x x x x x x






x x x
x x x
x x x
x x x
x x x
x x x
2 m dan 5 m
Ket : Siswa melakukan passing
Berpasangan


G

x x x x x x x x x x
x x x x x x x x x x
x x x x x x x x x x




B. Kegiatan Inti
Dibariskan 2 bershaf. Pemberian materi tentang langkah-langkah passing yang benar dan siswa diberi penjelasan tentang peraturan yang akan diterapkan dalam permainan bola tangan. Kemudian siswa disuruh melakukan passing sebagai berikut :
1. Siswa dibagi lima kelompok kemudian setiap regu terdiri dari enam siswa dan menggunakan dua bola untuk masing-masing regu. Dua bola kemudian dilemparkan membentuk formasi segitiga bersamaan dan siswa setelah melempar bola mengikuti bola yang dilemparnya hingga semua siswa melakukannya.
2. Siswa pada masing-masing regu diatur menjadi 3 baris, baris pertama dan ketiga berhadapan dengan jarak pertama kurang lebih 2 meter. Setelah melakukan passing kurang lebih 10 kali. Kemudian dilanjutkan melakukan passing dengan jarak 5 meter.

C. Penutup
Setelah selesai melakukan passing bola tangan tersebut. Siswa dibariskan 2 bershaf untuk melakukan kegiatan yang terakhir yaitu pendinginan. Siswa disuruh melingkar saling berhadapan dengan cara mengayunkan kedua tangan kebawah dengan posisi badan membungkuk, mengkipaskan kedua tangan kedepan, keatas, dan kesamping. Kemudian kedua tangan berada di atas kepala sambil rileksasi dan hembuskan kedepan sambil berteriak. Siswa dikondisikan, dibariskan, dan diberi evaluasi, lalu berdoa, dan barisan dibubarkan.







± 2 Menit








± 4 Menit











± 4 Menit






















± 3 Menit


II. Media / Alat
a. Buku/Sumber : Ermawan Susanto. (2005). Metodik Bola Tangan. Diktat Pembelajaran FIK UNY.
Daromez. (2005). Bola Tangan. Yogyakarta: Hayati.
b. Alat : - Bola tangan
- Peluit
- Jam tangan
- Stopwatch / Cone
- Lapangan
- Corong



III. Penilaian Hasil Belajar

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1. Nur Fajri 85 80 75 240 80 Baik
2. Ade Riska 86 80 70 236 78.6 Cukup
3. Anggi 85 80 76 241 80.3 Baik
4. Intan Permata 75 80 70 225 75 Cukup
dst.
NIlai Rata-rata


Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = ----------------------------------------- X 100%
Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
• Psikomotorik (Ketrampilan)
• Afektif (Sikap)
• Kognitif (Pengetahuan)
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%






Yogyakarta, 29 Oktober 2009
Guru Penjas

Joko Seko Santoso
NIM 08601244231

Tidak ada komentar:

Posting Komentar