Rabu, 17 November 2010

KARYA FILSAFAT

Final Paper
Nama : Joko Seko Santoso
NIM : 08601244231
Prodi : PJKR / F
BAB I
PENDAHULUAN
Segera setelah kata ''filsafat'' disebut, terbayanglah permainan kata-kata sulit yang ruwet dan tidak jelas kegunaannya. Paling bagus, orang akan menganggapnya sebagai ''ilmu tinggi'' yang hanya dipahami oleh segelintir orang yang memiliki selera agak aneh. Filsafat berasal dari kata filo dan sofia (bahasa Yunani). Filo artinya cinta atau menyenangi dan sofia artinya bijaksana. Konon orang yang selalu mendambakan kebijaksanaan adalah orang-orang yang pandai, orang yang selalu mencari kebenaran. Dalam mencari kebenaran ini, mereka mendasarkan kepada pemikiran dan logika dan bahkan berspekulasi. Logika bukan sebagai metode untuk menemukan atau mencari kebenaran tersebut. Melihat lahirnya ilmu adalah karena ketidakpuasan para ilmuwan terhadap penemuan kebenaran oleh para filosof maka dapat dikatakan bahwa ilmu merupakan bentuk-bentuk perkembangan filsafat. Selanjutnya dikatakan bahwa ilmu filsafat merupakan induk dari ilmu. Meskipun filsafat telah berkembang menjadi bemacam-macam ilmu, namun filsafat sendiri tidak tenggelam bahkan ikut berkembang pula seirama dengan perkembangan ilmu. Dalam arti yang operasional filsafat adalah suatu pemikiran yang mendalam sampai ke akar-akarnya terhadap suatu masalah atau objek.

BAB II
PEMBAHASAN

Ibarat gunung berapi yang tak pernah berhenti mengeluarkan asapnya. Itulah yang memang pantas untuk para filsafat. Filsafat memang membuat para orang bingung, pusing, dan tidak masuk akal. Guru saya pernah melontarkan bahwa filsafat itu membuat orang menjadi pendiam dan kalau ditanya tidak pernah menjawab. Ada orang yang menggagap bahwa filsafat itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Menurut pada buku “Filsafat Untuk Pemula” yang ditulis oleh Richard Osborne 2001.
Saya sendiri kurang begitu jelas pengertian dari filsafat itu. Ilmu filsafat ini banyak pernyataan dan kenyataan yang di luar pikiran kita. Ada kalimat dari beberapa filsuf berpendapat bahwa mengamati sejarah umum filsafat merupakan upaya yang mustahil, bahkan sangat mungkin menimbulkan kerancuan. Tetapi, seperti yang dikatakan seorang filsuf, lebih baik melakukan sesuatu yang buruk daripada tidak berbuat apa pun. Kita pikirkan kembali dengan matang-matang kalimat ini.
Makna dan arti sangat begitu luas. Apakah ungkapan ini adalah dari orang yang mungkin tidak mempunyai akal, pikiran, dan agama. Bagaimana mungkin perbuatan yang jelek dilakukan padahal perbuatan yang lebih baik di dunia ini masih banyak sekali. Daripada tidak berbuat sesuatu, lebih baik waktu yang terbuang dan tersisa untuk melakukan perbuatan hal yang bernilai positif seperti membaca Al-Quran terutama bagi yang beragama islam, karena di dunia ini hal yang buruk diperkirakan lebih banyak daripada hal yang baik.
Dan yang lebih penting lagi seseorang akan mengerti jati diri hidup di dunia ini seperti apakah orang hidup di dunia dan untuk apakah kita diciptakan hidup di dunia ini. Karena dunia ini begitu luas dan untuk apakah kita hidup di dunia ini. Kita harus mengerti betul kehidupan di biumi ini. Selanjutnya kita memanfaatkan hidup yang sekali ini untuk perbuatan yang menyenangkan dan yang berpositif. Alangkah baiknya perbuatan yang baik dilakukan supaya untuk bekal tabungan nanti di akhirat. Jauh lama sebelumnya Plato mengatakan bahwa segalanya akan beres bila para filsuf memerintah dunia.
Apakah yang dikatakan memang benar, nyata, dan pasti? Filsuf lain berpendapat bahwa filsafat mengajarkan bahwa segalanya tidak berarti sama sekali, yang dapat mempersulit pemerintahan. Bila kita bisa berpikir dan membayangkan filsuf menjadi tokoh yang penting seperti pemimpin dunia. Apa kata dunia kalau filsuf banyak melakukan hal yang buruk dan perbuatan yang baik tidak diutamakan. Kemungkinan dunia akan hancur dan berantakan. Seperti pemimpin Amerika Bush. Karena itu kita sebagai generasi muda tidak hanya ikut alur yang deras yang mendorong ke tempat yang negatif.
Kita bisa berfikir yang positif dan kearah kedepan, tidak mudah dipengaruhi orang lain. Generasi muda seperti kita ini harus bisa semangat menunjukkan bahwa generasi muda tidak mudah putus asa. Kita tunjukkan bahwa generasi muda sangat berperan dalam kehidupan bangsa.


Bertrand Russell mengatakan “Filsafat adalah tanah tak bertuan antara sains dan teologi, yang terbuka terhadap serangan dari kedua pihak”. Saya berpendapat bahwa filsafat adalah tanah tak bertuan yang hubungannya sangat kuat karena sains mempelajari alam dan teologi mempercayai akan adanya Tuhan lewat perantara agama masing-masing.
Dengan ilmu sains kita bisa berfikir ilmiah dengan melakukan suatu penelitian apa saja. Contohnya, kita meneliti dari mana asalnya sinar matahari dan bagaimana sinarnya bisa menerangi bumi ini. Kita menggunakan akal pikiran kita untuk berfikir yang jernih. Kita juga tidak bisa lepas dari teologi. Karena teologi dan sains hubungannya sangat kuat. Kita harus menghubungkan keduanya tersebut. Meskipun keduanya sangat saling bergantung, tetapi keduanya juga menunjukkan sifat yang membanggakan. Teologi secara detail sangat mengerti tentang ilmu agama yang sangat dalam. Orang juga tidak hanya butuh berdoa saja, tetapi membutuhkan akal pikiran untuk hidup sehari-hari. Sains adalah ilmu pasti yang bisa ditunjukkan dengan data-data dan bukti. Sains juga sendiri bisa praktek dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga butuh berdoa.
Di Yunani, Filsafat berarti “cinta kebijaksanaan” yang kedengarannya masuk akal. Saya mengira bijaksana itu mengandung arti banyak sekali. Contoh dikaitkan dengan zaman sekarang? Ada orang di jalan minta uang untuk makan, tetapi seorang yang diminta menolak memberikan uangnya. Apakah dia dikatakan bijak. Menurut saya orang bijak tidak harus menggunakan akal pikiran saja dan lebih baik kita mempergunakan mata hati kita yang paling dalam.

Setelah membaca buku tentang filsafat. Saya merasa optimis bahwa pelajaran filsafat dapat menambah wawasan dan berfikir kritis. Sokrates berpendapat bahwa yang membuat manusia berdosa adalah kurangnya pengetahuan. Seadainya saja ia tahu, ia tidak akan berdosa. Pengetahuan adalah keutamaan. Satu sebab utama kejahatan adalah ketidaktahuan.
Menurut saya bahwa manusia berdosa itu bukan karena kurang pengetahuannya, tetapi manusia tersebut melakukan perbuatan yang jahat dan melanggar peraturan agama. Contohnya, kita mencuri buah mangga di kebun orang lain. Perbuatan seperti ini sudah berdosa, melanggar peraturan agama, dan masuk penjara. Manusia kurang pengetahuan dan pengalaman, walaupun mempunyai mata hati yang tulus dan berfikir ilmiah. Orang seperti ini takut dengan dosa. Manusia sekarang banyak pengetahuan, tetapi dimanfaatkan untuk kejahatan.
Contohnya, Amrozi dan teman-temannya. Dia takut berdosa atau tidak. Zaman sekarang manusia berdosa bukan karena pengetahuan, tetapi karena ekonominya lemah. Zaman sekarang walaupun tahu berdosa tetap dilakukan karena sangat membutuhkan uang. Mungkin anaknya sedang membutuhkan uang untuk membayar sekolah.
Menurut pendapat Yanu bahwa kloning berasal dari potongan organ manusia dan hewan. Hewan dapat bertahan hidup antara empat bulan hingga lima bulan. Kloning pertama kali dilakukan dengan kambing Dolly. Menurut pendapat saya bahwa kloning berasal dari kata Yunani kuno, clone yang berarti ranting atau cangkokan. Dalam bahasa Inggris, clone digunakan untuk menyebut sekelompok makluk hidup yang dilahirkan tanpa proses seksual dan anakan yang persis sama dengan induknya.
Menurut saya bukan kambing, tetapi domba Dolly. Saya berpendapat bahwa proses terjadinya domba Dolly, yaitu mula-mulanya sel tunggal dari kelenjar susu domba dewasa difusikan dengan sel telur yang belum dibuahi dari domba lain yang ADN nukleusnya telah diambil sebelumnya. Kemudian ditanamkan pada domba lain (induk semang). Selanjutnya induk semang akan mengandung hingga lahir. Pendapat saya dengan adanya kloning ini kita bisa mempercepat dan memperbanyak populasi domba Dolly.
Saya kemarin tentang kloning kelompok empat. Mengapa dengan adanya domba Dolly ditentang? Mereka seharusnya mempertimbangkan pendapatnya. Kita harus bersyukur telah bisa membuat kloning, walaupun kloning tersebut masih mengalami kekurangannya. Domba Dolly sendiri disuntik mati pada tanggal 14 Februari 2003 karena menderita berbagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Kita harus mencoba lagi untuk memperbaharui dari kekurangan domba Dolly yang mengalami berbagai penyakit.
Dengan adanya cloning, banyak juga manfaat yang kita dapatkan antara lain. Menghasilkan obat-obatan, menghasilkan organ-organ manusia untuk keperluan transplantasi, menyelamatkan spesies-spesies yang terancam. Saya merasa binggung dengan adanya kloning selalu diperdebatkan. Seadainya spesies-spesiesnya punah dan tidak ada jalan lain. Bagaimana? Misalnya, di Indonesia sendiri yang terancam punah, seperti hariamau Sumatra dan badak Jawa.
Para ilmuan yang ada di belahan dunia menentang dengan adanya domba Dolly. Mereka tidak menghargai hasil penemuan yang dihasilkan oleh Wilmut dan timnya. Seharusnya mereka menyadari dengan adanya domba Dolly. Karena tidak mudah menghasilkan kloning domba Dolly.
Menurut pada buku biologi yang ditulis oleh D. A. Pratiwi, Sri Maryati, Srini, Suharno, Bambang S. Wilmut sendiri harus melakukan 227 percobaan kloning. Dari sekian banyak percobaan, hanya 29 yang berhasil menjadi embrio domba yang dapat ditransplantasikan ke rahim domba. Mereka yang menentang dengan adanya Dolly. Bisa membedakan dengan agama mereka masing-masing. Kalau selalu dikaitkan dengan agama maka semua penelitian apa saja tidak akan jalan.
Memang agama itu perlu, tetapi mengapa ditentang? Kita itu berfikir? Bagaimana orang-orang yang selalu taat menjalankan ibadahnya, tetapi mereka tidak dapat menemukan hal yang lain. Orang yang jarang beribadah, tetapi menemukan sesuatu hal yang baru. Kita seharusnya sadar dan menghargai. Tidak hanya menentang begitu saja, Seadainya orang yang menentang itu. Disuruh melakukan penelitian belum tentu bisa. Dalam diri manusia itu ada kekurangan dan kelebihan. Yang kekurangan itu kita cari bersama-sama untuk saling melengkapi.
Kita mencoba tidak menentang dengan adanya kloning.. Kenapa di Mesir tidak ditentang? Kloning onta pertama yang diberi nama Injaz. Kloning ini belum lama. Yang lahir tanggal 8 April 2009. Belahan muka bumi dunia kenapa tidak menentang dengan adanya kloning Injaz. Sekarang? Menurut saya bahwa kloning yang dulunya ditentang. Sekarang dilakukan kembali di Mesir. Orang akan bosan sendiri, apabila kloning terus-terusan diperbanyak pembuatannya. Saya mengira dengan bergantinya hari dan tahun. Orang yang menentang dengan adanya kloning. Orang tersebut suatu saat akan menyesal. Di Mesir sendiri memberi nama onta Injaz yang berarti kemajuan. Orang yang menentang kloning berarti dia tidak senang dengan kemajuan zaman ini.
Pertemuan ketujuh, kami kelompok satu membicarakan tentang play (bermain, permainan). Play adalah tindakan yang bersifat sukarela yang dilakukan dalam waktu dan tempat tertentu, menurut aturan main yang diterima secara bebas, tetapi sangat mengikat, memiliki tujuan yang berbeda dalam permainan sendiri dan disertai oleh perasaan, keteganggan, kesenangan, dan kesadaran bahwa hal tersebut berbeda dari kehidupan biasa. (Huizinga).
Menurut pendapat kelompok kami yang pertama bahwa play adalah permainan yang dilakukan dengan hati yang ceria, sedih, dan tertekan. Bermain bukan karena paksaan oleh orang lain, tetapi karena keinginan diri-sendiri.
Menurut pendapat kami yang kedua adalah aturan main tidak menganut aturan yang berarti bebas. Karena permainan yang menganut aturan anak akan tertekan dan tidak menikmati tentang permainannya. Soal tempat menurut saya dimana saja. Karena tempat bukan, salah satu penghambat tentang permainan. Contohnya di Kota yang sekarang lahannya semakin sempit dan ada juga yang mau main bola saja merka harus mengumpulkan uang untuk main bola. Saya sendiri tinggal di Desa masih banyak lahan tetapi, anak-anak sekarang terbalik dengan kehidupan di Kota.

Menurut saya anak di Desa harus mempunyai pemikiran yang cerdas dan terampil memanfaatkan lahan di desa dan diolah menjadi yang terbaik. Contohnya di Kota sekarang sedang terkenal dengan futsal. Sebaiknya di Desa mendirikan lapangan futsal dan meminta bantuan dari Kabupaten. Anak-anak di Desa juga harus bisa terampil dan memodifikasi futsal biar daya tertarik di Desa tidak kalah dengan di Kota.
Dibandingkan Negara lain, kemampuan anak Indonesia dalam bidang matematika dan bahasa sangat rendah. Hal ini disebabkan tidak memadai alokasi waktu yang disediakan untuk pengajaran matematika dan bahasa. Mekdinas akan mengesahkan Kep. Menteri tentang peniadakan mata pelajaran pendidikan jasmani dari kurikulum sekolah.
Menurut pendapat Uut bahwa pendidikan jasmani sangat pengaruh terhadap kesehatan badan dan rohani.
Pertama menurut saya bahwa pendidikan jasmani sangat perlu karena orang yang mengerjakan soal atau pelajaran matematika kalau tidak diimbangi dengan olahraga akan stess. Karena olahraga juga di manfaatkan uintuk refresing bagi otak. Dan kalau di kelas terus-menerus belajar matematika dan bahasa sangat menjenuhkan. Yang kedua dengan olahraga bisa mengembangkan bakat anak untuk bisa berprestasi dalam segala bidang. Dan olahraga bisa untuk berlatih kelincahan otak kanan kiri.
Yang ketiga saya pribadi sangat tidak setuju kalau pendidikan jasmani dihilangkan dari dunia pendidikan. Bagaimana calon nasib guru seperti saya ini mau disuruh apa? Saya ambil pendidikan jasmani untuk guru olahraga bukan kuli bangunan. Dengan berolahraga kita bisa belajar olahraga tentang apa saja. Karena olahraga juga perlu dengan belajar dan latihan rutin terus-menerus.
Bermain voli tidak semua orang bisa. Karena butuh passing atas, passing bawah, dan smass. Yang terutama orang bermain voli adalah passing bawah.
Petemuan kesembilan yang dimaksud dengan idealisme menurut kelompok kami adalah pendidikan jasmani merupakan pusat berbagai gagasan (idea) pembelajaran pendidikan jasmani harus berorentasi pada peserta didik, agar dapat menumbuhkan kreativitas. Perkembangan diri pribadi lebih ditekankan untuk mendapatkan pengalaman yang mendalam.
Realisme menurut kelompok kami adalah bermain dan rekreasi dapat membantu kemampuan beradaptasi. Dan pragmatisme adalah guru sebagai motivator dan standardisasi bukan merupakan bagian dari program pendidikan jasmani. Naturalis menurut kelompok kami adalah hasil belajar diperoleh melalui aktivitas dirinya sendiri dan bermain merupakan bagian penting dari proses pendidikan.
Naturalisme adalah segala sesuatu yang ada hanya akan diakui keberadaanya apabila nampak secara fisik. Eksistensialisme adalah keberadaan individu lebih penting daripada masyarakat. Menurut kelompok kami yang menjadi terbaik adalah idealisme. Yang pertama karena seorang yang mempunyai ide, kemungkinan pemikirannya kritis terhadap sesuatu hal dan mempunyai segala gagasan yang bisa membantu temannya yang sedang dilanda masalah. Seseorang tidak mungkin bisa menemukan suatu ide yang cermelang.
Menurut kelompok kami yang membedakan pandangan modern dengan pandangan tradisional adalah kalau modern terpusat pada anak,didasarkan pada minat dan kebutuhan siswa, serta dikaitkan dengan perubahan kebutuhan masyarakat, guru sebagai pemandu dan perencanaan dilakukan oleh siswa sendiri, terpusat pada pengembangan anak secara menyeluruh, mempunyai hubungan dekat dengan masyarakat dan kerjasama dengan orang tua siswa. Seperti, fisik, mental,emosional, sosial, diiplin pribadi, lingkungan sekolah yang menyenangkan dan sekolahmerupakan laboratorium.
Tradisional terletak pada guru, didasarkan pada fakta pengetahuan dan materi pelajaran, serta tidak toleran terhadap perubahan dan kebutuhan masyarakat, guru satu-satunya pembuat keputusan, terpusat kepada pengembangan intelektual siswa, hubungan sekolah dengan masyarakat dan orang tua siswa kurang terjalin.
Yunani 600 SM-400 M, masa ketika tubuh diekspos, ketelanjangan bukan merupakan shal yang tabu, tubuh ideal adalah tubuh simetris.
Abad pertengahan 400SM-1500M, masa ketika tidak ada ekspos tubuh, yang ideal adalah tubuh dalam, tubuh luar harus dikendalikan karena merupakan penjara bagi jiwa.
Modern 1500SM-tahun sekarang. Masa ketika tubuh kembali diekspos, ketelanjangan bukan hal tabu tubuh ideal adalah tubuh simetris dan sempurna, disiplin tubuh dilakukan untuk pencapaian tubuh luar. Menurut saya dengan membandingkan ketiga abad.
Saya menyimpulkan bahwa abad yang terbaik adalah abad pertengahan karena dengan abad ini orang-orang bisa berfikir dan menutup aurat yang dilarang oleh agama, tetapi saya juga bingung kenapa zaman selalu mengulang kearah dulu yang pernah dilewati padahal kita menonton, melihat. Kenapa tidak kita hindarkan perbuatan seperti itu. Sekarang malah berputar kezaman dulu seharusnya malu dan kita ini seharusnya dibilang bodoh dan tolol. Dengan zaman yang sudah kacau ini. Kita harus bisa berpikir untuk menyaring yang sudah ada.
Dengan catatan kritis yang keempat ini. Saya memperoleh ilmu yang luas biasa dalam kehidupan sehari-hari. Semoga mempelajari filsafat ini sangat membantu saya dalam kehidupan berikutnya. Doping adalah penggunaan obat terlarang atau substan lainnya secara tidak transparan untuk meningkatkan prestasi atlet. Menurut saya bahwa doping adalah obat yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia yang terdiri dari berbagai unsur obat terlarang.
Menurut saya yang kedua bahwa doping hanya untuk kesenangan semata. Karena obat tersebut adalah obat yang sangat berbahaya yang dapat mnimbulkan efek samping bagi tubuh. Saya mempelajari sedikit beberapa unsur-unsur yang terkandung di dalam doping tersebut. Di dalam laboratorium sekolah saya. Ada beberapa contoh obat doping yang dapat menimbulkan kelumpuhan bagi tubuh. Saya hanya mengingat satu unsur yaitu steroids saja.
Sewaktu di sekolah saya masih ingat dari salah satu hormon yaitu hormon testosteron pada laki-laki dan pada perempuan adalah hormon progesteron.
Dari kedua hormon tersebut adalah dapat menimbulkan atau menyebabkan salah satu organ tidak bisa memproduksi secara normal atau sering disebut impoten pada seorang laki-laki dan perempuan disebut mandul. Efek lain dari doping adalah kulit mengkerut, dapat terjadi serangan jantung, bisa terkena HIV, dan kanker liver.
Dengan adanya doping khususnya di Indonesia. Menurut saya akan lebih baik dengan kekuatannya dan jerih payah keringat sendiri. Karena seseorang sudah melakukan doping orang pasti akan ketagihan dan ketagihan. Karena seseorang pasti akan mengambil jalan pintas seperti mengkonsumsi obat tersebut.
Seharusnya bangsa Indonesia membuat peraturan perundang-undangan tentang seorang atlet mengkomsumsi obat terlarang. Bangsa Indonesia harus bekerja sama dengan Negara tetangga atau seluruh dunia. Untuk membrantas atlet yang mempergunakan doping. Efek doping juga menunjukkan seseorang tidak sportif dan menang tidak secara jantan.
Dalam silabus filsafat tatap muka yang kesebelas. Untuk melakukan fair play memang mudah untuk diucapkan, tetapi cukup sukar untuk dipraktekan, bukan hanya olahraga, tetapi semua bidang.
Menurut saya bahwa fair play memang mudah diucapkan dan tidak mudah dipraktekan. Seseorang mungkin bilang begitu karena belum melakukannya. Fair play menurut saya itu mudah kalau menggunakan mata hati yang tenang dan tidak terbawa emosi. Banyak sekali bangsa Indonesia sekarang yang tidak fair play. Menurut saya bangsa Indonesia seharusnya menggunakan mata hati dan moralnya dibenahi untuk bisa bermain fair play.
Contohnya sepak bola Indonesia yang sekarang banyak menonjolkan anarkisnya. Seharusnya mereka malu untuk main seperti itu. Fair play menurut saya sangat mudah untuk bisa kita tampilkan dalam lapangan dengan sikap sportif dan menghargai sesama. Kita juga harus mengakui kalau kalah dan menang kita tidak berlebihan merayakannya.
Bangsa yang kaya akan bakat dan semangat yang sedang berkobar sebaiknya kita saring dengan mendirikan asrama. Di asrama tersebut kita mendidik untuk menjadikan calon atlet-atlet Indonesia yang akan dating. Semoga bangsa Indonesia memiliki moral, disiplin, iman yang baik. Saya berharap semoga dengan fair play dapat mempererat tali persaudaraan antar pulau di Indonesia dan bukan malah sebaliknya.










BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa filsafat adalah ilmu yang membuat orang menjadi bingung, pusing, dan tidak masuk akal. Kloning berasal dari kata Yunani kuno, clone yang berarti ranting atau cangkokan. Dalam bahasa Inggris, clone digunakan untuk menyebut sekelompok makluk hidup yang dilahirkan tanpa proses seksual dan anakan yang persis sama dengan induknya.
Kloning yang dilakukan di Mesir tanggal 8 April 2009. Menghasilkan satu ekor onta betina yang diberi nama Injaz. Injaz yang berarti kemajuan. Orang yang menentang adanya kloning berarti tidak senang dengan kemajuan.
Doping adalah penggunaan obat terlarang atau substan lainnya secara tidak transparan untuk meningkatkan prestasi atlet. Untuk membrantas atlet yang mempergunakan doping. Efek doping juga menunjukkan seseorang tidak sportif dan menang tidak secara jantan.
fair play memang mudah untuk diucapkan, tetapi cukup sukar untuk dipraktekan, bukan hanya olahraga, tetapi semua bidang. Semoga bangsa Indonesia bias bersikap fair play dalam semua bidang olahraga.





DAFTAR PUSTAKA

Drijarkara, N., Filsafat Manusia, Yogyakarta: Yayasan Kanisius, 1969.
K. Berrens, Ringkasan Sejarah Filsafat, Yogyakarta: Yayasan Kanisius, 1976.
Dardiri, H.A., Humaniora: Filsafat dan Logika, Jakarta: C.V. Rajawali, 1986.
Sitepu, M. 2001. Rekayasa Genetika. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mader, S.S. 2004. Biology. Boston. McGraw-Hill.
Komisi Disiplin Ilmu Keolahragaan, 2000, Ilmu Keolahragaan dan Rencana
Pengembangannya, Depdiknas, Jakarta.
Bucher, C.A., 1995, Foudation Of Physical Education and Sport, Mosby- Yearbook,
Inc., St. Louis.
Rusli Lutan dan Sumardianto, 2000, Filsafat Olahraga, Depdiknas, Jakarta.
K
J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar